Entri Populer

Kamis, 20 Oktober 2011

5 langkah pemasaran online//

  1.  Tahu siapa calon pembeli. Ini hal penting pertama. Anda harus tahu siapa calon pembeli produk yang anda pasarkan. Tidak cukup hanya tahu target marketnya, tapi anda juga perlu selami lebih dalam apa saja yang dia harapkan dari produk anda, serta apa yang tidak dia harapkan.
    Contoh: misalkan anda berjualan baju secara online. Pembeli baju anda pasti ingin baju yang dibelinya nanti tahan, awet, dan sesuai dengan deskripsi yang anda pasang di web. Sebaliknya, calon pembeli pasti juga dibayang-bayangi ketakutan bagaimana misalnya jika baju yang akan dibelinya itu kebesaran/kekecilan, dsb.
    Kalau anda mengetahui dengan baik apa harapan dan kekhawatiran yang mungkin timbul dari konsumen, anda bisa antisipasi segala kekhawatiran yang ada di benak prospek anda, sekaligus bisa memenuhi harapan-harapan yang ingin mereka capai dari produk anda.
  2. Mempromosikan produk yang tepat. Seperti ungkapan “the right product to the right consumer”, berikan produk pada konsumen yang tepat. Produk yang tepat bisa dalam arti sesuai dengan kebutuhan/keinginan mereka dan sesuai dengan jangkauan daya beli mereka. Kalau konsumen anda sedang lapar, tentu lebih tepat menawarkan makanan dibanding pasta gigi. :)
  3. Mulai pasarkan dan gaet traffik. Traffik ini angka kunjungan orang yang datang ke toko online. Traffik ini sangat menentukan karena kalau tidak ada pengunjung yang datang, bagaimana mau ada pembeli?
    Nah, dari traffik tersebut, juga bisa ditelisik lebih jauh berapa jumlah yang datang, dibanding dengan berapa yang menjadi prospek, dan berapa yang membeli. Di situ kita jadi punya patokan awal untuk menilai seberapa bagus halaman web anda dalam menghasilkan penjualan. Sekaligus sebagai data untuk menilai pertumbuhan bisnis anda dari waktu ke waktu.
    Bagaimana cara mendapatkan traffic? Bisa via PPC, SEO, social media dan sumber-sumber traffik lainnya.
  4. Kumpulkan prospek. Seperti sempat disinggung di atas, mengumpulkan prospek juga menjadi bagian dari langkah pemasaran online. Dari prospek yang terkumpul, anda punya calon-calon pembeli produk anda.
  5. Lakukan Follow Up. Lakukan follow up pada mereka yang menjadi prospek anda. Pada tahap follow up ini kemampuan copywriting menjadi penting, baik melakukannya lewat email marketing atau mobile marketing. Kemampuan copywriting tersebut sangat berperan dalam mengkonversi prospek menjadi konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar